Karyakepri.com
Editor's Picks Karimun

Matangkan Persiapan Penyelenggaraan Pilkada, KPU Karimun Akan Gelar Simulasi Pencoblosan

Karya Kepri, KARIMUN – Menyukseskan penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 di Kabupaten Karimun, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan gelar simulasi pencoblosan.

Simulasi pencoblosan itu dilakukan untuk mematangkan persiapan penyelenggaraan pencoblosan pada 9 Desember mendatang. Rencananya, simulasi itu akan dilakukan di Alor Jongkong Kelurahan Harjosari Kecamatan Tebing, Minggu (22/11/2020).

Rencananya simulasi pencoblosan itu, KPU Karimun akan mengundang Pejabat Sementara (Pjs) Bupati Karimun Herry Andrianto.

“Simulasi pencoblosan akan kita gelar pada 22 November mendatang dipusatkan di Alor Jongkong, Kelurahan Harjosari, Kecamatan Tebing. Nanti akan turut dihadiri Pjs Bupati Karimun,” kata Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko, Kamis (19/11/2020).

Kegiatan simulasi itu salah satu alasan KPU Karimun melakukan penundaan terhadap pelaksanaan Debat Publik Putaran III Pasalon Bupati dan Wakil Bupati Karimun tahun 2020 yang seharusnya digelar 22 November menjadi 28 November mendatang.

Eko mengatakan, simulasi pencoblosan tersebut akan dibuat sebaik mungkin menyerupai pencoblosan sebenarnya. Hal itu bertujuan untuk mengetahui apa- apa saja kekurangan yang harus dilakukan evaluasi.

Seperti halnya, pencoblosan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 seperti petugas mengenakan masker, face shield, sarung tangan, pengaturan jarak antara satu masyarakat pemilih dengan lainnya.

“Meski namanya simulasi tapi kami akan buat sebaik mungkin menyerupai pencoblosan sebenarnya,” kata Eko.

Ia juga mengatakan, pihaknya juga akan menyiapkan bilik khusus untuk Covid-19 di 555 TPS yang tersebar di 12 Kecamatan wilayah Kabupaten Karimun.

“Benar, tidak hanya satu, semua TPS, kita ada sebanyak 555 TPS se Kabupaten Karimun, itu semua nanti ada bilik khusus Covid-19,” kata Eko. (ric)