Karyakepri.com
Editor's Picks Metro Nasional

Boro-boro Gelombang 2, Gelombang 1 Covid-19 di RI Belum Kelar

Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)

Karya Kepri – Pertambahan kasus infeksi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) per hari di Indonesia sempat melandai akhir Oktober lalu. Namun setelah itu kasus kembali meningkat dengan signifikan.

Pada awal Oktober, rata-rata pertambahan kasus harian dalam periode 7 hari (7-day Moving Average) berada di angka 4.400. Kemudian trennya terus melandai hingga di akhir bulan tren pertambahan kasusnya hanya 3.000 kasus per hari.

Apabila melihat polanya secara sekilas saja, maka akan tampak bahwa puncak wabah Covid-19 sempat terlihat pada Oktober. Namun jika ditelusuri dengan lebih seksama puncak tersebut hanyalah puncak semu dan bukan puncak sesungguhnya.

Artinya, Indonesia belum bisa dikatakan telah melalui gelombang pertama wabah dan dilanda gelombang kedua infeksi saat ini.

Pola kurva epidemiologi antara Indonesia dengan negara-negara yang menghadapi gelombang kedua wabah Covid-19 jelas berbeda. Saat ini Inggris dan beberapa negara Eropa seperti Spanyol, Italia, Jerman dan Prancis sedang dilanda gelombang kedua infeksi.

Di lima negara tersebut, kasus infeksi harian Covid-19 sempat benar-benar melandai. Lockdown ketat dan kesadaran masyarakat untuk melakukan social distancing memiliki korelasi positif dengan penurunan kasus ini di negara-negara tersebut.

Barulah ketika lockdown dilonggarkan dan memasuki periode musim dingin akhir tahun kasus kembali meningkat.