Karyakepri.com
Editor's Picks Politik

Hasil Survei Pilkada Kepri Terbaru: Ansar-Marlin Keluar sebagai Pemenang

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menjelaskan hasil survei.

Karya Kepri, BATAM – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri nomor urut tiga, Ansar Ahmad dan Marlin Agustina (AMAN) keluar sebagai pemenang pada Pilkada Kepri 2020. Kemenangan tersebut berdasarkan survei yang dilakukan lembaga survei Indikator Politik Indonesia pada akhir November 2020.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi menyampaikan survei dilakukan terhadap 850 responden dengan marginal error sekitar 3,5 persen. Dalam survei tersebut pasangan Ansar-Marlin memperoleh 37,9 persen pemilih.

Hasil Survei Indikator akhir November 2020.

Sedangkan pasangan Isdianto dan Suryani memperoleh 23,3 persen pemilih dan pasangan Soerya Respationo dan Iman Sutiawan mendapatkan 15,4 persen serta ada 23,4 persen pemilih yang belum menentukan pilihannya.

“Perolehan yang diperoleh AMAN itu signifikan secara statistik. Jadi kalau dibandingkan dengan peringkat kedua itu selisihnya jauh dari marginal error yang ditetapkan. Apalagi dibandingkan dengan peringkat ketiga yang diduduki Pak Soerya dan Pak Iman,” katanya di Batam, Rabu (3/12/2020).

Berdasarkan hasil survei tersebut, kata dia, tim pemenangan dapat meningkatkan lagi elektabilitas pasangan calonnya karena masih ada sekitar seperlima pemilih lagi yang belum menentukan pilihannya pada 9 Desember mendatang.

“Di situlah kesempatan untuk semua calon termasuk Pak Ansar untuk bisa memperoleh lebih dari 50 persen. Kalau misalnya pasangan lain bisa memperoleh 23 persen, tentu persaingan bisa lebih kompetitif. Tetapi jika tidak ada kejadian yang luar biasa, sepertinya Pak Ansar dan Bu Marlin akan tampil sebagai gubernur baru kepri yang akan datang,” ujarnya. (wan)