Karyakepri.com
Editor's Picks Karimun

KPU Karimun Distribusikan Logistik Pemilu

KPU Karimun mendistribusikan logistik ke PPK di luar pulau Karimun, Sabtu (5/12/2020) kemarin.

Karya Kepri, KARIMUN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun mulai mendistribusikan logistik Pilkada 2020 ke 8 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di luar pulau Karimun, Sabtu (5/12/2020) kemarin.

Logistik Pilkada 2020 tersebut di distribusikan menggunakan dua sarana angkutan lait dengan pengawalan ketat dari TNI- Polri, Bawaslu serta KPU Karimun.

Ketua KPU Kabupaten Karimun Eko Purwandoko mengatakan, logistik pemilu itu akan mulai diinapkan di masing- masing PPK di Kecamatan luar pulau Karimun dengan kondisi tersegel.

“Kita gunakan dua kapal dengan membagi sejumlah kecamatan. Nantinya, logistik ini baru dapat dibuka saat hari pencoblosan,” kata Eko, Minggu (6/12/2020).

Ia menyebutkan, dua kapal itu antara lain KM Putra Kembar 2 dan KM Jaya Malindo. Untuk KM Putra Kembar 2 akan membawa 164 kotak logistik ke Pulau Buru dan Kecamatan Moro. Sementara, KM Jaya Malindo 5 untuk Belat, Kundur, Kundur Barat, Ungar, dan Durai, sebanyak 370 kotak.

“Logistik yang dikirim sudah lengkap, mulai dari kertas suara, kotak suara, surat-surat, perlengkapan APD,” kata Eko.

Sementara itu, untuk pengaman dilakukan oleh petugas gabungan, TNI-Polri, juga dari Bawaslu dan KPU.

Kemudian, selama perjalanan, dua kapal yang membawa logistik juga dikawal oleh Satpolairud Polres Karimun.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karimun mulai mempersiapkan pendistribusian kelengkapan logistik Pilkada ke tiap Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di wilayah Kabupaten Karimun.

Rencananya pendistribusian logistik Pilkada untuk Pemilihan Gubernur Kepri dan Bupati Karimun itu akan mulai dilakukan pada Sabtu (5/12/2020) mendatang.

Ketua KPU Kabupaten Karimun Eko Purwandoko mengatakan, pendistribusian logistik pemilu akan dilakukan dua tahap, yakni pada 5 dan 7 Desember 2020. Nantinya, tahapan pendistribusian akan dapat pengawasan ketat dari petugas pengamanan dari TNI dan Polri.

“Tahap pertama itu untuk di pulau pada 5 Desember 2020, nantinya akan diangkut menggunakan kapal ke Kecamatan-kecamatan di luar pulau Karimun. Sementara untuk pendistribusian di pulau Karimun, dilakukan pada H-2 atau 7 Desember,” kata Eko, Rabu (2/12/2020).

Eko mengatakan, logistik untuk Pilkada itu telah selesai dilakukan penyortiran tinggal dilakukan pengemasan sebelum dikirimkan ke PPK. Logistik tersebut akan dikirimkan dalam kondisi tersegel. (ric)