Karyakepri.com
Editor's Picks Pendidikan

Kepri Kekurangan 1.900 Guru SMA/SMK/SLB

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepri Muhammad Dali. (ANTARA)

Karya Kepri, TANJUNGPINANG – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Muhammad Dali menyampaikan daerah itu masih kekurangan sekitar 1.900 guru tingkat SMA/SMK/SLB.

“1.797 posisi guru sudah diinput ke database Kementerian Pendidikan Republik Indonesia,” kata Dali di Tanjungpinang, Jumat.

Namun, dia mengatakan kekurangan guru tersebut bakal sedikit tertutupi pada tahun 2022, seiring adanya penerimaan Pegawai Pemerintahan dengan Perjanjian Kerja atau PPPK.

Menurutnya Pemprov Kepri tahun ini mendapat kuota PPPK sebanyak 867 orang. Kuota tersebut diklaim paling banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Paling tidak ini bisa menutupi kekurangan guru di daerah kita, meskipun statusnya PPPK,” ujar Dali.

Lebih lanjut Dali menyampaikan Pemprov Kepri memiliki keterbatasan anggaran untuk mengakomodir pemenuhan kebutuhan guru di daerah setempat.

Diakuinya kebutuhan akan tenaga pendidik guru di wilayah tersebut sangat banyak. Hal ini ditandai dengan kondisi geografis yang memiliki sekitar 2.408 pulau.

“Penambahan guru berkaitan erat dengan kesiapan anggaran,” ujar Dali.

Pihaknya menargetkan masalah tenaga pendidik di Provinsi Kepri dapat diselesaikan sesuai target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kepri 2021-2026 di bidang pendidikan. (antara)