Karyakepri.com
Editor's Picks Healthy

Konsumsi 7 Jenis Kacang Ini untuk Mendongkrak Daya Tahan Tubuh

Foto: thinkstock

Karya Kepri, JAKARTA – Menjaga imunitas tubuh sangat penting di tengah pandemi Covid-19. Konsumsi tujuh jenis kacang ini dikatakan ahli mampu mendongkrak daya tahan tubuh agar tubuh tak mudah terpapar virus.

Di masa pandemi Covid-19, memperkuat imunitas atau kekebalan tubuh menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Serangan virus akan sangat mudah masuk dan mengganggu kesehatan jika imunitas sedang tidak cukup kuat untuk menjaga tubuh.

Berbagai makanan tinggi antioksidan, fitonutrien serta zat besi disarankan oleh para ahli gizi untuk membantu meningkatkan kekuatan imunitas tubuh. Nutrisi sebaiknya didapat secara alami melalui konsumsi beberapa bahan makanan sehat yang tinggi nutrisi. Salah satunya kacang-kacangan.

Di balik ukurannya yang kecil ternyata kacang-kacangan menyimpan banyak nutrisi baik untuk tubuh. Beberapa jenis kacang bahkan dilengkapi dengan komponen antioksidan yang sangat baik untuk memperkuat dan melindungi imunitas tubuh.

Mengutip dari berbagai sumber, berikut ini 7 jenis kacang yang baik untuk mendongkrak daya tahan tubuh:

(1). Kacang Almond
Kacang populer ini selalu diakui sebagai salah satu superfood. Popularitas kacang almond di kalangan para pelaku diet ternyata bukan alasan. Kacang almond mengandung banyak nutrisi dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh.

Konsumsi 28,3 gram kacang almond mampu memenuhi kebutuhan zat besi sebanyak 8% hingga 9% dari jumlah yang disarankan. Kehadiran zat besi ini sangat dibutuhkan untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh yang dibutuhkan untuk produksi imunitas.

(2). Kacang Mete
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kacang mete mengandung vitamin C, thiamin, riboflavin, niasin, vitamin B6, asam folat, vitamin E hingga vitamin K. Selain deretan vitamin yang telah disebutkan, kacang mete juga memiliki kandungan mineral berupa zinc yang memiliki peran penting dalam penguatan imunitas tubuh.

Adanya kandungan zinc dalam kacang mete ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan infeksi mikroba, sintesis protein serta penyembuhan luka yang lebih cepat. Konsumsi kacang mete ini sangat disarankan karena aman dikonsumsi oleh berbagai kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.