Karyakepri.com
Anambas

Polda Kepri Musnahkan Kokain 48.473 Gram yang Ditemukan di Pinggir Pantai Anambas

Karyakepri- Narkotika jenis kokain seberat 48.473 gram atau 48 kilogram yang ditemukan di 8 lokasi di pinggir pantai di Kabupaten Kepulauan Anambas dimusnahkan oleh Polda Kepulauan Riau, Kamis (21/07).

Pemusnahan ini dipimpin langsung Wakapolda Kepri, Brigjen Pol Drs. Rudi Pranoto, dan dihadiri Bupati Anambas, Kapolres Anambas, serta forkopimda.

Brigjen Pol Drs. Rudi Pranoto menyebutkan pemusnahan dilakukan berdasarkan Laporan Polisi Nomor : LP-A / 01 / VII / 2022 / SPKT / Polsek Jemaja / Polres Kep. Anambas / Polda Kepri, kemudian Berita Acara Pemeriksaan Laboratoris Kriminalistik Dari Labfor Polda Riau, No : Lab : 1204 / Nnf / 2022, Tanggal 8 Juli 2022.

Selanjutnya Surat Ketetapan Status Barang Sitaan Narkotika Dari Kajari Natuna, Nomor : B-441/L.10.13/Enz.1/07/2022, Tanggal 8 Juli 2022 dan Surat Ketetapan Status Barang Sitaan Narkotika Dari Kajari Natuna, Nomor : B-460/L.10.13/Enz.1/07/2022, Tanggal 18 Juli 2022.

″Dari jumlah Barang Bukti yang kita musnahkan dapat di asumsikan bahwa kita telah menyelamatkan kurang lebih 480.000 sampai 500.000 jiwa dari bahaya ketergantungan narkoba,” ujarnya didampingi Kabid Humas Polda Kepri.

Ia menyebutkan, setiap ons Kokain yang dimusnahkan diperkirakan dapat menyelamatkan 1.000 sampai 1.200 orang.

Dengan pemusnahan ini, Brigjen Rudi menyampaikan apresiasinya terhadap seluruh stakeholder yang telah ikut serta dalam menindaklanjuti penemuan kokain tersebut.

“Secara khusus saya ucapkan terima kasih kepada bapak Rudikon dan bapak Samsul Bahri beserta kawan-kawan yang telah menemukan barang haram ini dan telah berinisiatif melaporkan ke pihak yang berwenang,” ucap Wakapolda Kepri itu.

Lebih jauh dirincikannya, dari Kokain didapatkan seberat  48.475 gram itu,   untuk pemeriksaan di Labfor Polda Riau sebanyak 220.1 gram. Kemudian dikembalikan dari Labfor Polda Riau sebanyak 218.22 gram.

“Dan yang dimusnahkan sebanyak 48.473,22 gram,” tambahnya.

Penemuan Kokain 48 Kilogram

Wakapolda Kepri, Brigjen Pol Rudi Pranoto menjelaskan, narkotika jenis Kokain ini ditemukan pada tanggal 1 Juli 2022 lalu sekira jam 7.30 wib di pantai Tunjuk Desa Landak, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Yang ditemukan oleh warga bernama Rudikon dan Samsul Bahri yakni sebanyak 25 bungkus yang dimuat dalam tas berwarna hitam. Keduanya yang merupakan nelayan ini kemudian melaporkan temuan tersebut ke Bhabinkamtibmas dan Polsek Jemaja.

“Dari laporan tersebut selanjutnya dilakukan pencarian di sekitaran pantai dan berhasil mendapatkan total 43 bungkus Narkotika jenis Kokain di 8 TKP dari tanggal 1 Juli sampai dengan 3 Juli 2022,” beber Brigjen Pol Rudi.

Dari penelusuran temuan itu, diduga kokain tersebut berasal dari OPL (Out Port Limited) wilayah perairan Malaysia dan Thailand yang terbawa arus angin barat menuju perairan Kepulauan Anambas.

Hal ini dapat dilihat berdasarkan fakta di lapangan bahwa banyak sampah di pantai Pulau Jemaja yang diduga berasal dari perairan Internasional atau OPL.

Sehingga dapat dianalisa bahwa transportasi yang digunakan oleh sindikat kokain Internasional adalah kapal laut ke negara tujuan dengan cara mengikat barang bukti narkotika jenis kokain di bawah lambung kapal.

“Namun diduga faktor cuaca ekstrim mengakibatkan barang bukti narkotika jenis kokain ini terbawa arus angin barat dan terdampar di pesisir pantai wilayah Kepulauan Anambas,” sebutnya.